Shopping cart
Your cart empty!
Terms of use dolor sit amet consectetur, adipisicing elit. Recusandae provident ullam aperiam quo ad non corrupti sit vel quam repellat ipsa quod sed, repellendus adipisci, ducimus ea modi odio assumenda.
Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Sequi, cum esse possimus officiis amet ea voluptatibus libero! Dolorum assumenda esse, deserunt ipsum ad iusto! Praesentium error nobis tenetur at, quis nostrum facere excepturi architecto totam.
Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Inventore, soluta alias eaque modi ipsum sint iusto fugiat vero velit rerum.
Sequi, cum esse possimus officiis amet ea voluptatibus libero! Dolorum assumenda esse, deserunt ipsum ad iusto! Praesentium error nobis tenetur at, quis nostrum facere excepturi architecto totam.
Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Inventore, soluta alias eaque modi ipsum sint iusto fugiat vero velit rerum.
Dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Sequi, cum esse possimus officiis amet ea voluptatibus libero! Dolorum assumenda esse, deserunt ipsum ad iusto! Praesentium error nobis tenetur at, quis nostrum facere excepturi architecto totam.
Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Inventore, soluta alias eaque modi ipsum sint iusto fugiat vero velit rerum.
Sit amet consectetur adipisicing elit. Sequi, cum esse possimus officiis amet ea voluptatibus libero! Dolorum assumenda esse, deserunt ipsum ad iusto! Praesentium error nobis tenetur at, quis nostrum facere excepturi architecto totam.
Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Inventore, soluta alias eaque modi ipsum sint iusto fugiat vero velit rerum.
Do you agree to our terms? Sign up
SPEKTROOM.ID - Kunjungan wisata ke Kota Solo yang ditargetkan sebesar 5,2 juta wisatawan sepanjang tahun 2025, optimis dapat tercapai, apalagi hingga akhir bulan Mei lalu telah menembus sekitar 2,5 juta wisatawan.
Menurut Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surakarta, Gembong Hadi Wibowo, target yang ditetapkan itu optimis dapat tercapai karena selain dukungan destinasi unggulan juga promosi digital yang gencar, termasuk mengandalkan media sosial sebagai ujung tombak promosi, serta menggandeng pegiat konten digital.
Lebih lanjut Gembong menjelaskan, promosi digital sangat manjur dalam menjangkau wisatawan baru, untuk itu kualitas destinasi pun harus terus diperbaiki.
" Promisi melalui digital sangat manjur mencari wisatawan baru tetapi Kualitas destinasi harus diperbaiki " Ungkap Gembong ( Jumat, 27/06/2025)
Kualitas destinasi yang harus ditingkatkan menurut Gembong seperti yang dilakukan di Taman Balekambang, yang secara rutin menampilkan pertunjukan seni di akhir pekan serta pementasan Ramayana sebulan sekali.
Di sisi lain, kuliner otentik juga menjadi kekuatan Solo sebagai surga kuliner yang tak pernah sepi peminat, sehingga Pemerintah juga harus terus mendorong inovasi di berbagai titik kota, seperti kawasan koridor Gatot Subroto dan Ngarsopuro yang rutin menggelar event tematik.
Diharapkan semua pengelola destinasi ikut berbenah serta keramahan warga Solo harus terus dijaga sebagai ciri khas The Spirit of Java.
"Kami ingin semua pengelola destinasi ikut berbenah, dan tentu saja keramahan warga solo harus terus dijaga sebagai ciri khas The Spirit Of Java " tambah Gembong
Dengan kombinasi antara promosi digital yang masif, peningkatan kualitas destinasi, serta kekuatan kuliner dan budaya lokal, Kota Solo optimistis mampu meraih target kunjungan wisatawan di tahun 2025.
Sementara destinasi kota Solo yang ramai dikujungi wisatawan sekarang ini Masjid Raya Sheikh Zayed, Taman Balekambang, dan Solo Safari, selain juga Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan. (Dan )